Pada program ini peserta diberikan Pre-Test TOEFL di awal sebagai tahap mengidentifikasi kemampuan awal peserta. Kemudian para peserta diberikan pelatihan selama 20 kali pertemuan termasuk Mid Test dan Final Examination. Nantinya, hasil belajar TOEFL ini akan membantu membuktikan bahwa peserta memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik. Proses belajar mengajar menggunakan Buku yang dilengkapi dilengkapi dengan audio CD.

Peningkatan skor TOEFL yang didapat melalui pelatihan membantu peserta menonjolkan kualitas bahasa Inggris mereka yan dibuktikan dengan tingkat skor TOEFL mereka. Hal ini bisa digunakan untuk masuk Universitas dalam dan luar Negeri maupun untuk mengikuti tes kerja dan CPNS.

Setelah mengikuti program TOEFL Preparation, peserta akan mendapatkan Sertifikat English Proficiency Test (EPT). Namun, jika peserta ingin mendapatkan skor TOEFL resmi, peserta bisa mengikuti TOEFL resmi yakni TOEFL ITP dan mendapatkan sertifikat TOEFL ITP.

Tujuan utama dari Program Percakapan Bahasa Inggris adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris lisan dan meningkatkan kepercayaan diri dalam menggunakan bahasa Inggris   percakapan. Sesi Percakapan Bahasa Inggris dalam satu pertemuan berlangsung selama 90 menit, dua kali seminggu.  Jumlah pertemuan  adalah  20 kali pertemuan.

Lingkaran percakapan bahasa Inggris difasilitasi oleh instruktur terlatih dalam suasana formal, informal dan ramah. Instruktur mempersiapkan topik pembicaraan, kegiatan, atau game berdasarkan kepentingan masing-masing peserta. Peserta program adalah orang yang bahasa pertamanya bukan bahasa Inggris

Objektif program yang akan dicapai adalah:

  • Praktek percakapan  bahasa  Inggris  di  luar  kelas  dan  pengaturan seperti suasana bekerja/formal
  • Meningkatkan keterampilan komunikasi bahasa Inggris (berbicara dan mendengarkan)
  • Meningkatkan  kepercayaan   diri   dan   tingkat   kenyamanan   saat menggunakan bahasa Inggris
  • Meningkatkan pengetahuan  peserta  tentang budaya  Negara  yang
  • bahasa Inggris sebagai bahasa pertama mereka.
  • Mengurangi kecemasan peserta berbicara bahasa Inggris.

Materi yang digunakan pada program Intensive English / Conversation program  ini merupakan materi-materi yang dirancang khusus oleh para pengajar ELLC sehingga sesuai dengan kebutuhan peserta. Selain itu, metode pengajaran yang digunakan selalu metode terupdate dan fresh sehingga peserta tidak merasa bosan dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

Setelah mengikuti program ini, peserta akan memperoleh sertifikat yang berisi kemampuan bahasa Inggris yang terdiri dari skills utama yakni speaking atau conversation.

Tujuannya untuk membantu institusi dan peserta secara personal mengetahui prediksi nilai bahasa Inggris (Toefl) yang bisa digunakan untuk keperluan akademik, melanjutkan studi S1 ataupun S2 atau melamar pekerjaan.  Setelah mengikuti  EPT  ini,  peserta  ujian  akan  memperoleh sertifikat yang berisi deskripsi kemampuan bahasa Inggris yang terbagi menjadi tiga kategori: Listening Comprehension, Structure and Written Expression, dan Reading Comprehension

TOEFL  ITP  Test  merupakan  tes  TOEFL resmi  yang  soalnya  langsung  dikirim oleh lembaga Educational Testing Service  (ETS)  yang  berpusat  di Princeton, New Jersey, Amerika Serikat. ETS  mendistribusikan  soal-soal  tersebut

kepda lembaga-lembaga terpercaya yang bekerjasama dengan ETS, yang mana di Indonesia satu-satunya lembaga perwakilan ETS adalah Indonesian Internasional Education Foundation (IIEF) yang berada di Jakarta. TOEFL ITP dapat digunakan untuk keperluan akademik (S1, S2, S3, beasiswa dalam dan luar negeri) serta mecari pekerjaan di dalam dan luar negeri.

Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris peserta dalam bidang tertentu, seperti hukum, keuangan, teknologi, kedokteran, perjalanan, penerbangan,ekonomi, perhotelan, mengajar, bisnis  dan  lain  sebagainya.  Program  ini didesign  agar  para  peserta mampu merasakan atmosfer ataupun menghadapi situasi atau suasana bekerja dengan bahasa Inggris dan bagaimana proses surat-menyurat dalam bahasa Inggris. Peserta akan diperkaya dengan kosakata-kosakata bidang yang sedang mereka tekuni. Dengan bahasa Inggris sebagai bahasa global pilihan untuk semua aspek bisnis, banyak perusahaan mengharapkan karyawan mereka untuk menggunakan lisan dan tulisan bahasa Inggris untuk berkomunikasi secara efektif di tempat kerja. 

Di   kelas  bahasa Inggris   ini, peserta akan belajar bagaimana mengekspresikan  diri  lebih lancar  dan percaya diri ketika berkomunikasi dengan klien dan rekan-rekannya di tingkat yang berbeda dan  dalam  berbagai  situasi  kerja,  misalnya saat  interview, menulis laporan, kemampuan presentasi  dan  berpartisipasi  dalam pertemuan-pertemuan.